Manfaat Yoga Terhadap Emosi

Zaman sekarang, olahraga yoga semakin popular dan cukup diminati di seluruh dunia. Gerakan-gerakan yoga yang mudah diakses di Internet serta tidak perlu banyak alat tambahan membuat orang-orang menggemari yoga. Yoga sebenarnya merupakan olahraga bagi tubuh dan pikiran. Selain membuat tubuh menjadi segar, yoga juga dapat membantu mengendalikan emosi serta menghilangkan stress (Sahabat Nestle, n.d.).
            Yoga menjadi efektif untuk mengurangi stress karena dengan melakukan yoga berarti kita melakukan berbagai gerakan fisik. Gerakan-gerakan ini bertujuan untuk melonggarkan otot, pernapasan, meditasi dan pelemasan, dan menyeimbangkan setiap bagian tubuh. Gerakan fisik dilakukan dalam postur tubuh yang selaras dengan pernapasan. Hal ini bertujuan supaya otot-otot yang tengah aktif memperoleh cukup oksigen. Gerakan fisik pada yoga tidak hanya mempengaruhi otot dan sendi saja, tetapi juga mempengaruhi organ-organ, kelenjar dan struktur tubuh lain. Manfaat lainnya, gerakan fisik yoga mengajarkan kepada kita untuk bekerja sesuai dengan kemampuan, karena cara-cara yang tidak memaksa (Mulyaningrum, 2006).
            Menurut Affandi (dalam Anisahwati dan Hasanat, 2015) yoga dapat memperbaiki regulasi emosi karena latihan yoga mencakup meditasi yang bermanfaat untuk menurunkan kecemasan individu, dan membuat perasaan menjadi tenang dan positif, yang pada akhirnya membuat seluruh tubuh menjadi lebih rileks. Apalagi, menurut Sindhu (dalam Anisahwati dan Hasanat, 2015) latihan yoga bisa memperbaiki regulasi emosi karena selain latihan pernapasan, para peserta latihan juga melakukan latihan postur tubuh. Hal ini sejalan dengan pernyataan Karminoff (dalam Anisahwati dan Hasanat, 2015) bahwa dalam latihan postur tubuh (asana) ada gerakan menenangkan yang meringankan ketegangan di setiap bagian tubuh dan pikiran.
            Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, yoga mulai sekarang!

Referensi
Anisahwati, N., & Hasanat, N. U. (2015). The effect of yoga on emotion regulation. Asian Conference on Psychology & the Behavioral Sciences Official Conference Proceedings 2015. Retrieved from http://papers.iafor.org/wp-content/uploads/papers/acp2015/ACP2015_09319.pdf
Mulyaningrum. (2006). Yoga: harmonisasi manajemen stress. In Stress Management (pp. 1-6). Malaysia: PTS Professional Publishing Sdn. Bhd.

Sahabat Nestle. (n.d.). Yoga, kunci kesehatan jiwa dan raga [Web log post]. Retrieved from https://www.sahabatnestle.co.id/content/view/yoga-kunci-kesehatan-jiwa-dan-raga.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Emosi Positif vs Emosi Negatif

MENGONTROL EMOSI DENGAN DIAM

Bagaimana Sesungguhnya Kesehatan Mental di Indonesia ?