Kenali & Kelola Emosimu

Sering merasa kesal atau tiba-tiba merasa badmood ? merasa diri masih labil ? bingung sama mood swing yang sering kamu rasain ? Jangan khawatir! Disini kita akan sharing tentang emotional awareness & management. Di blog pertama ini kita akan bahas apa itu emotional awareness & management. Yukk simak agar kita bisa mengenali dan mengelola emosi kita!!!
Setiap manusia pasti memiliki emosi, baik emosi positif maupun negative. Emosi merupakan suatu reaksi yang berasal dari perasaan terhadap suatu keadaan/peristiwa. Manusia memliki berbagai jenis emosi yang dapat ditimbulkan. Emosi positif seperti bahagia, senang, damai, rasa syukur sedangkan emosi negative yaitu sedih, marah, kecewa, benci. Setiap emosi yang muncul bergantung pada bagaimana kita mengenali emosi dan mengelola emosi tersebut dengan baik.  Ketidakmampuan kita dalam mengenali emosi diri kita yang sesungguhnya akan membut kita dikuasai oleh perasaan.
Masa remaja merupakan masa transisi yaitu peralihan dari usia anak-anak menuju usia dewasa. Pada masa transisi sering kali remaja mengalami gejolak emosi yaitu “badai dan tekanan”, remaja akan mengalami kegoncangan emosi yang disebabkan oleh tekanan-tekanan dan ketegangan dalam mencapai kematangan fisik dan sosial (Turner & Helms, 2000). Tidak semua aspirasi dan ambisi dapat tercapai, bahkan sering mereka merasa gagal sehingga semakin tidak tercapai keinginan dan cita-citanya, maka semakin mudah remaja mengalami masalah emosi, seperti marah, kecewa dan emosi negatif lainnya (Hurlock, 1999). Selain itu, masa remaja dihadapkan dengan krisis dalam arti sedang mencari jati diri atau identitas diri (Hall, Lindzey & Campbell, 1998).
Dukungan dari keluarga sangat diperlukkan karena keluarga merupakan tempat berbagi kasih sayang. Hal yang dapat diberikan berupa dukungan moral, dengan dukungan moral maka dapat terbentuk karakter yang lebih matang secara fisik maupun sosial. Selain itu remaja juga perlu akan kesadaran & pengelolaan emosi (emotional awareness & management). Kesadaran emosi adalah kemampuan untuk mengenali emosi-emosi diri sendiri (Mersino,2007), sedangkan emotional management adalah pengolahan emosi dalam diri kita dalam menghadapi suatu masalah. emotional awareness & management merupakan suatu kebutuhan yang harus dimiliki oleh remaja. Hal tersebut dapat sebagai langkah awal dalam mencapai kesuksesan,seseorang dan penyesuaian sosialnya.
Penelitian Ciarrochi, Forgas, & Mayer (2001) menemukan bahwa kesadaran emosi dapat menangani masalah frustrasi, mengawasi emosi, meningkatkan hubungan dengan orang lain serta memengaruhi kesuksesan. Segal (2000) menemukan bahwa ketidakmampuan untuk mengenal dan menghargai emosi yang dialami (kesadaran emosi) dan bertindak jujur sesuai dengan emosi akan mengakibatkan seseorang mengalami kesulitan dalam kehidupannya, tidak dapat mengambil keputusan dengan mudah, dan sering terombang-ambing oleh berbagai keadaan di sekelilingnya. Hal sederhana yang dapat kita lakukan seperti tetap tersenyum dalam setiap keadaan, senyuman yang terkadang kita tidak sadari dapat membuat beban/emosi negative. Emosi yang muncul bergantung pada bagaimana diri kita mengenali dan mengelola emosi tersebut. Ketika anda berhasil mengelola emosi anda maka emosi yang timbul yaitu emosi positif, begitu pula sebaliknya. Banyak hal yang dapat anda lakukan sebagai upaya mengelola emosi positif dalam diri anda salah satunya dengan melakukan kegiatan positif/hobi anda


Sumber :
Esther Heydemans, (2010). Pola Asuh Orang Tua, Konsep Diri, Motivasi diri, Iklim Sekolah dan Kesadaran Emosi Siswa SMP.Jurnal Ilmu Pendidikan.Jilid 17, Nomor 2, Juni 2010.

Fakhurrozi, M, MPsi, Psi (2009). Kecerdasan Emosi Pada Remaja Pelaku Tawuran. .  



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Emosi Positif vs Emosi Negatif

MENGONTROL EMOSI DENGAN DIAM

Bagaimana Sesungguhnya Kesehatan Mental di Indonesia ?